Formula 1 Eifel GP : Cuaca mendukung, FP3 Jadi Kesempatan Terakhi

Ilustrasi FP3 Formula 1 Eifel GP (Formula 1's Twitter)

GEOMOTORSPORT.iD – Langit cerah dan berawan pada sesi latihan bebas 3 Formula 1 GP Eifel menjadi kesempatan terakhir tim untuk berlatih sebelum menginjak sesi kualifikasi.

Dikutip dari laman twitter @racingpointf1, Pembalap Lance Stroll dikabarkan tidak merasa sehat sepenuhnya pagi ini, dan tidak turut serta dalam latihan bebas terakhir.Akibat statement tersebut, timbul rumor bahwa Nico Hulkenberg akan menggantikan Lance Stroll bila Stroll tak bisa ikut kualifikasi.

Mobil tim Haas dan Renault menjadi tim pertama yang melaju ke lintasan hari ini, pasca lampu hijau pada pit menyala.

Cuaca pada sesi kualifikasi nanti yang diperkirakan tak jauh berbeda, membuat hampir semua tim mengantisipasi dengan menjajal trek menggunakan ban soft. Namun, beberapa awan hitam tipis tampak pada sebagian lintasan.

Di awal lap, terpantau mobil Red Bull (Max Verstappen) melakukan pengujian aerodinamika pada bagian brake duct dan sidepod. 

Cuaca yang kurang mendukung pada sesi latihan bebas 1 dan 2 kemarin, membuat beberapa pembalap baru yang belum pernah membalap di track ini, sedikit kesulitan hingga harus keluar jalur untuk menguji titik pengereman yang tepat.

Terlihat beberapa pembalap mendapatkan penghapusan waktu lap akibat melanggar batas track (track limit) yang telah ditentukan race director.

Pembalap asal Jerman yang membela tim kuda jingkrak, Sebastian Vettel sempat mengalami spin pada tikungan terakhir. Beruntung, mobil yang kendarai Vettel tidak terkena mobil tim lain yang sedang melintas.

Serupa Vettel, di akhir sesi, pembalap Williams (Nicholas Latifi) mengalami spin pada tikungan terakhir. Untungnya, tidak terjadi kerusakan pada mobil Latifi. 

Dua pembalap Mercedes, Valteri Bottas dan Lewis Hamilton menjadi yang tercepat pada latihan bebas 3 pagi ini. Valteri Bottas mencetak waktu tercepatnya yaitu 1:26.225, dan Lewis Hamilton +0,136 detik lebih lambat di belakang Bottas.

Uniknya, Pembalap Ferrari asal Monaco, Charles Leclerc berhasil membawa Ferrari ke posisi 3 tercepat dengan  waktu +0,813 detik di belakang Valteri Bottas.

Klasifikasi lengkap pada sesi latihan bebas 3, dapat anda lihat pada gambar di bawah ini. (geomotorsport.id/George Steven Suparman).

Posting Komentar

0 Komentar