Sirkuit Modern Terunik Bagian 3

ilustrasi berbagai macam sirkuit (geomotorsport.id/George Steven Suparman

4. Zurich Street Circuit, Swiss (Formula E)

Mythenquai Hairpin, Zurich Street Circuit (commons.wikimedia.org/Wild8oar)
Sirkuit dengan jalur trem dan permukaan paving mungkin terdengar sangat 50an. Namun kenyataannya, sirkuit ini benar-benar masih ada di zaman sekarang. Sirkuit yang terletak di Swiss ini, memiliki panjang 2,465 km, dan juga terdapat banyak trek lurus. Asal tahu saja, Swiss menggelar ajang balapan pertama sejak tahun 1954. 

Namun, fitur terunik sirkuit ini adalah jalur trem yang melintasi trek di beberapa bagian sirkuit ini, seperti yang terlihat pada kamera onboard di bawah ini. Selain itu, pitlane sirkuit ini juga terbuat dari paving, sehingga kecepatan maksimum di pit dibatasi sebesar 30 km/jam. Selain itu, seperti Monako dan Makau, sirkuit ini terletak di tepi perairan, tepatnya di tepi danau Zurich.


3. ExCeL London, Inggris (Formula E)

Tampak luar gedung ExCeL London (geograph.org.uk/N Chadwick)
Hampir semua sirkuit berada di area outdoor, selain beberapa terowongan yang pendek. Hal ini disebabkan karena potensi racun CO yang dikeluarkan mobil dengan bahan bakar bensin, berbahaya apabila dihirup dalam konsentrasi besar. Namun, berbeda dengan sirkuit baru London ePrix yang rencananya akan digelar di dalam gedung ExCeL Exhibition Centre pada tahun 2021, setelah sebelumnya sempat ditunda dari tahun 2020 akibat pandemi Covid-19. 

Dengan panjang 2,4 km, sirkuit ini memiliki pit yang terletak di dalam gedung ExCeL, dan layoutnya sendiri terletak di dalam gedung dan sekitarnya, terhubung dengan akses ramp. Karena sirkuit ini menggelar balapan elektrik, racun CO pun tidak menjadi masalah.


2. Snaefell Mountain Course (Isle of Man TT)

Bungalow, Snaefell Mountain Course (geograph.org.uk/John Lucas)
Jika Nordschleife menyajikan sejarah dengan fasilitas modern, maka sirkuit yang terletak di tengah pulau Isle of Man ini merupakan gambaran masa lalu, komplit dengan fasilitas keselamatan dari masa lalu juga. Dengan panjang 60,275 km, sirkuit ini juga menjadi sirkuit terpanjang yang masih digunakan saat ini. 

Dari kamera onboard terlihat jelas bahwa sirkuit ini hanyalah terdiri dari jalan-jalan raya yang ditutup, tanpa tambahan pagar yang memisahkan trek dengan jurang atau perumahan, dan tambahan hanya beberapa pagar udara saja untuk membatasi antara trek dengan dinding. Sangat berbahayanya sirkuit ini ditunjukkan dengan statistik, dimana 260 pembalap tewas sejak tahun 1911, diantaranya 64 pembalap kehilangan nyawa dalam 20 tahun terakhir.


Honorable Mentions:
  1. Valencia Street Circuit, Spanyol (memiliki jembatan angkat di antara tikungan ke-9 dan 10, dan letaknya yang berada di area pelabuhan).
  2. Calder Park Raceway, Australia (merupakan “kompilasi” dari sirkuit, oval, dan dragstrip).
  3. Motorsport Arena Oschersleben, Jerman (memiliki tikungan pertama yang bersudut tepat 90°).
  4. Autodromo Hermanos Rodriguez, Meksiko (melintasi di dalam stadion Foro Sol di antara tikungan ke-12 dan 16).
  5. Autodromo di Pergusa, Italia (sirkuit oval yang mengelilingi danau Pergusa dan “dirusak” oleh beberapa chicane).

 Read more on the next page :  1  2  3  4


Posting Komentar

0 Komentar