Sirkuit Modern Terunik

ilustrasi berbagai macam sirkuit (geomotorsport.id/Steven Suparman)

GEOMOTORSPORT.ID - Dimasa lalu, ajang gelaran balap pada umumnya memanfaatkan jalan raya yang ditambahkan banyak fitur unik. Oleh karena itu, keselamatan pembalap seringkali diabaikan, seperti Pescara dengan panjang 25,8 km, AVUS yang memiliki tikungan dengan kemiringan 43°, atau Caesars Palace yang dibangun tepat didalam tempat parkir hotel dan kasino Caesars Palace. 

Seiring perkembangan kesadaran akan keselamatan pembalap, sirkuit-sirkuit yang berbahaya pun mulai ditinggalkan atau direnovasi, sehingga banyak fitur unik yang sekarang hilang ditelan jaman. Namun, masih tetap ada sirkuit-sirkuit yang memiliki fitur unik, dengan tetap memperhatikan keselamatan sebagai nomor satu. 

Berikut merupakan rangkaian tim Geomotorsport Indonesia terakit sirkuit-sirkuit yang unik dan modern.

10. Yas Marina Circuit, Abu Dhabi (Formula 1)

Tikungan ke-10 sirkuit Yas Marina (flickr.com/Martin Mueller)
Satu-satunya sirkuit Hermann Tilke yang masuk kedalam daftar ini, merupakan sirkuit termahal di dunia yang terletak di tepi pantai di atas pulau buatan Yas Island, yang dekat dengan pelabuhan dimana Yacht bisa menepi untuk merasakan sensasi mobil yang lewat. Selain itu, sirkuit ini juga memiliki area runoff yang bergaris-garis, mirip dengan sirkuit Paul Ricard, dan sebagian runoff di tikungan kedelapan berada dibawah grandstand. 

Dari layoutnya sendiri, sektor 1 memiliki karakteristik seperti sirkuit pada umumnya, dengan tikungan kecepatan tinggi dan flow yang menarik. Sektor 3 didesain agar mirip dengan sirkuit jalanan, dengan trek diantara tikungan ke-18 dan 19 melintas dibawah Hotel Yas Viceroy. Jangan lupa juga pit exit yang melewati jalur bagian bawah tikungan pertama. Sayangnya, trek ini dikenal dengan trek yang sulit untuk melakukan aksi salip-menyalip.


9. Norisring, Jerman (DTM)

Garis start dan finish Norisring. (commons.wikimedia.org/Crosathorian)
Sirkuit jalanan masa kini biasanya terletak di dekat monumen-monumen yang menandakan kejayaan masa lalu tempat tersebut, seperti Baku City Circuit yang mengelilingi kota lama, atau Diriyah Street Circuit yang mengelilingi kastil bekas tempat tinggalnya raja Saudi. Namun, Norisring merupakan peringatan atas sejarah paling kelam Jerman: Steintribune di Zeppelinfeld, yang menjadi tempat rapat umum Nazi. Sirkuit ini juga terletak dekat dari danau Dutzendteich. 

Dari segi layoutnya, sirkuit ini terbilang pendek, yaitu sepanjang 2,3 km. Sirkuit ini memiliki start-finish tepat didepan Steintribune, di dalam Zeppelinfeld. Trek ini kemudian mengelilingi bangunan tersebut sebelum kembali lagi ke start-finish straight.


8. Bristol Motor Speedway, AS (NASCAR Sprint Cup)

Bristol Motor Speedway. (flickr.com/Eddie Maloney)
Apabila kamu ingin merasakan sensasi balapan di dalam stadion, mungkin sirkuit Bristol ini bisa menjadi referensi tempat rekreasi selanjutnya. Dengan panjang sirukit yang hanya berukuran 858 meter, sirkuit ini dikelilingi oleh grandstand yang bentuknya menyerupai grandstand stadion. 

Meskipun dibangun pada tahun 1960, sirkuit berbentuk oval ini masih menggunakan layout yang sama dengan aslinya. Namun, kemiringan tikungan sirkuit ini telah diganti dari 36° menjadi sekitar 24° sampai 28°.


 Read more on the next page :  1  2  3  4


loading...

Posting Komentar

0 Komentar